MENGAPA TERJADINYA FRAUD AKADEMIK ? : Sebuah Red Flags Di Perguruan Tinggi
Judul: MENGAPA TERJADINYA FRAUD AKADEMIK ? : Sebuah Red Flags Di Perguruan Tinggi
Pengarang: Syamsu Alam
ISBN: Dalam Pengajuan ISBN
Jenis: Buku Cetak
Sinopsis
enomena fraud akademik di
perguruan tinggi telah menjelma menjadi ancaman serius terhadap nilai-nilai
integritas, kredibilitas, dan kepercayaan publik terhadap institusi pendidikan.
Berbagai bentuk penyimpangan seperti plagiarisme, manipulasi data, pemalsuan
nilai, hingga pelanggaran etika akademik lainnya tidak hanya merusak reputasi
institusi, tetapi juga berpotensi menghasilkan generasi lulusan yang lemah
secara moral dan profesional. Di tengah kompleksitas tantangan pendidikan
tinggi modern yang diwarnai tekanan publikasi, tuntutan capaian institusi, dan
perubahan paradigma global, fraud akademik menjadi sebuah fenomena yang kian
sulit diabaikan. Buku ini dihadirkan sebagai upaya reflektif dan analitis untuk
membedah akar persoalan, dinamika, serta strategi pencegahan terhadap praktik
fraud yang terjadi di ruang lingkup akademik, khususnya pada peran strategis
akuntan pendidik. Melalui pendekatan multidisipliner, berbagai konsep seperti
kompetensi, etika profesional, dan pengendalian manajemen dikaji secara
mendalam untuk menunjukkan bagaimana integritas akademik dapat ditegakkan di
tengah berbagai godaan dan tekanan internal maupun eksternal. Berangkat dari pemahaman bahwa
kualitas sumber daya manusia pendidik memegang peranan sentral dalam membentuk
budaya akademik yang bersih dan akuntabel, buku ini mengupas secara sistematis
peran akuntan pendidik sebagai figur kunci yang tidak hanya dituntut kompeten
secara akademik, tetapi juga kokoh dalam nilai-nilai moral dan etika profesi.
Pembahasan tentang penerapan prinsip-prinsip teori akuntansi keperilakuan,
audit investigatif, hingga teori etika Kantian diharapkan dapat memberikan
perspektif yang lebih komprehensif dan aplikatif dalam membangun sistem
pencegahan fraud yang efektif. Harapan besar tertanam dalam
karya ini agar seluruh pemangku kepentingan di dunia pendidikan tinggi mampu
merenungkan kembali makna sejati dari tanggung jawab akademik. Membangun sistem
pengendalian yang kuat, menumbuhkan budaya etika yang konsisten, dan
mengedepankan nilai-nilai akuntabilitas di setiap lini institusi merupakan
keharusan yang tidak dapat ditawar demi menjaga marwah pendidikan dan
menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul dalam ilmu, tetapi juga dalam
integritas kepribadian.
Komentar (0)
Posting Komentar